Blogroll

Telah dibuka Pendaftaran Siswa Baru SMK Palebon Tahun 2015/2016 (Uang Gedung dapat Diangsur)

Tuesday 27 August 2013

Bagaimanakah Nasib Guru IPA SMK


Kurikulum 2013 memberikan dampak yang sangat signifikan kepada para guru, salah satunya adalah guru IPA di SMK, dalam kurikulum 2013 ini, IPA sebagai salah satu pelajaran di SMK akan dihapuskan, khusnya di SMK. banyak para guru yang resah dan mencari jawaban bagaimanakah nasib mereka?.

dalam rapat MGMP IPA di SMK N 7 Semarang yang dihadiri oleh kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, diperoleh informasi bahwa, nantinya guru IPA diharapkan untuk dapat mengajar mapel lain selain IPA di sekolah tersebut. namun bagaimanakah nasib guru yang bersertifikasi IPA ? Pemerintah memberikan beberapa solusi yaitu diantaranya adalah :
1. mengikuti PLPG (khusunya bagi guru yg belum bersertifikasi)
2. Mengikuti PPG (Pendidikan Profesi Guru) baik dengan beasiswa maupun mandiri
3. mengikuti KKT ( Kependidikan dan Kepelatihan Tambahan)
4. Kembali ke jalan yang benar ( maksudnya adalah kembali mengajar sesuai dengan sertifikasinya, jika anda sertifikasi biologi maka mencari mapel biologi, dll) namun tentunya ini dirasakan berat karena guru berlomba-lomba untuk memenuhi 24 jam.

bagi guru yang resah, insya allah akan segera keluar permendiknas baru, untuk menjawab keresahan bapak dan ibu guru pengajar IPA SMK.

Nawawi, S.Pd, M.Pd

No comments:

Post a Comment